Shalat seperti Delisa..

Malam ini aku mendapat “hadiah” dari Allah, subhanallah..subhanallah..

Hadiah itu berupa sebuah peringatan, pembelajaran, dan pemahaman tentang hidup dan bagaimana memahami perasaan orang lain saat segala sesuatunya di dunia ini tidak memihak padanya, karena aku yakin kita semua pernah dan akan mengalami cobaan, insyaallah..Bukankah Allah akan selalu menguji hambaNya yang bertaqwa..(meskipun aku merasa sangat jauh dari kata “bertaqwa”). Semua itu kudapat saat membaca novel Hafalan Shalat Delisa, karangan Tereliye, dan tak cuma itu..Aku jadi semakin mencintai Rabb-ku, orangtuaku, adekku, dan sahabatku..Novel yang dengan bahasa sederhananya mampu memberikan sejuta makna dan pelajaran, full respect to the author..Sepanjang malam aku membaca novel ini, dan sepanjang malam itu pula aku menangis tersedu sedan, yang terucap hanya astaghfirullah..astaghfirullahaladzhiim..And guess what, aku terbangun subuhnya dengan mata kaya kodok! mataku bengkak minta ampun…hehehehe…ga perlu diterusin gimana aku sampe kantor dengan sejuta pertanyaan dari temen2ku..

Delisa seorang anak 6 tahun yang sangat ingin mempersembahkan hafalan shalatnya kepada Allah, bahkan begitu besar tekadnya untuk mempersembahkan sujud sempurna untuk pertama kalinya kepada Allah, namun ia tak pernah bisa melakukannya..Saat ia tengah berusaha menyelesaikan hafalan shalatnya, gempa dan tsunami datang mengamuk bumi Lhok-Nga. Namun ia tetap teguh ingin menyelesaikan shalatnya..yang diingatnya adalah sahabat Rasul yang meskipun di tengah shalatnya tergigit kalajengking besar, namun ia tetap berusaha menyelesaikan penghadapannya kepada Sang Khalik dengan khusyu’, begitu pula dengan sahabat Rasul lainnya yang tetap khusyu’ dalam shalatnya meskipun teman disebelahnya tengah dipancung musuh, dan berikutnya adalah gilirannya..Lagi2 aku malu..

Tereliye’s quote, “Ya Allah, bukankah banyak sekali orang-orang jahat, orang-orang munafik, orang-orang fasik yang bisa melakukan hal-hal buruk di dunia ini. Engkau sungguh tak menghalanginya! Tetapi Delisa! Ya Allah Delisa justru hendak bersujud kepadaMu..Hendak sujud! Kenapa Kau membuatnya pingsan sebelum ia sempat melakukannya. Kenapa? Ya Allah, kenapa. Aku bertanya…Aku butuh penjelasan…”. Betapa malunya aku, selama ini begitu banyak kesempatan dan nikmat yang tak ku syukuri, padahal aku punya banyak kesempatan untuk melakukan shalat secara khusyu’ dan dapat mempersembahkan sujud dengan sempurna hanya untukMu…Aku ingin shalat seperti Delisa Ya Allah..berilah aku kesempatan Ya Allah, meskipun aku sadar hati ini sudah terlalu kotor..tapi sungguh aku ingin mempersembahkan sujud sempurnaku kepadaMu..

Tereliye’s quote, “Kesedihan tidak mengenal derajat kehidupan yang diciptakan manusia. Kesedihan hanya mengenal derajat kehidupan yang Engkau tentukan. Kesedihan tidak pernah berkorelasi dengan standar kehidupan manusia yang amat keterlaluan cinta dunianya. Kesedihan hanya mengenal ukuran yang Engkau sampaikan lewat ayat-ayatMu”.

Dan segala puji hanya untukMu yang telah memberiku pelajaran malam ini dengan nuansa yang lain daripada biasanya..bagaimanapun aku tetap ingin bersyukur Ya Allah, karena Kau telah mengajariku untuk tegar ketika aku harus menghadapi ujianku sendiri, menahan air mataku, menyembunyikan perasaanku, di saat aku masi belum memahami bagaimana menyikapi hidup ini. Meskipun mungkin hasilnya tidak sesempurna yang Kau inginkan Ya Allah, tapi ini bekal yang berarti untukku..dan aku ingin terus belajar dan belajar memahami hidup ini, masih banyak yang harus aku temukan untuk kebesaran cintaMu..

Dan aku mencintai kalian karena Allah..(meskipun mungkin tidaklah sempurna, tapi aku ingin terus menyempurnakannya..)

PS : post ini tidak bermaksud untuk mereview novel Tereliye yaa…hehehe..

Leave a Reply

