How to be a humble person..

Sering kita merasa “sudah tahu” tentang segala hal, bahkan kadang merasa “paling tahu”. Padahal untuk memperkaya diri kita sangat perlu untuk memiliki mental “unlearn”. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menerima kritik dan saran bukanlah hal yang mudah. And being unlearn is about eliminating our “yes, I know” behaviour..

This is something from Mother Teresa for us who want to eliminate our selfish behaviour to be a humble person..

Cara mencapai kerendahan hati..

  • Berbicara sedikit mungkin tentang diri sendiri
  • Uruslah persoalan-persoalan pribadi
  • Hindarilah rasa ingin tahu
  • Janganlah mencampuri urusan orang lain
  • Terimalah pertentangan dengan kegembiraan
  • Jangan memusatkan perhatian kepada kesalahan orang lain
  • Terimalah hinaan dan caci maki
  • Terimalah perasaan tak diperhatikan, dilupakan dan dipandang rendah
  • Mengalah terhadap kehendak orang lain
  • Terimalah celaan walaupun anda tidak layak menerimanya
  • Bersikap sopan dan peka, sekalipun seorang memancing amarah anda
  • Janganlah mencoba agar dikagumi dan dicintai
  • Bersikap mengalah dalam perbedaan pendapat, walaupun anda yang benar
  • Pilihlah selalu yang tersulit

    12 responses to this post.

    1. hmm.. nice post, wifey ..
      will always note this one🙂

    2. Waduh, susah dong jadi rendah hati buat blogger kaya ning yang tulisannya kebanyakan tentang “diri sendiri”😉

      Makasi ya jess, ning akan berusaha🙂

    3. Posted by widiajessti on February 17, 2009 at 9:03 am

      Yup hubby.. me too..🙂

      Mba ning.. thanks for your visit, but you’ve already being a humble person, your posts described it..🙂

    4. yak! saya masih jauhlah… tapi gpp at least mengakui (tuh teteup aja ga humble,,hehe)

    5. ki tak tambahi renungan yg juga maknyus dari Dewi Kwan Im, syaratnya cuman SUCIKAN PIKIRAN dan MENEKAN EGO dengan benar :

      Renungan Harian

      1. Jika Orang selalu membuat kita menderita, anggaplah itu adalah tabungan kebahagiaan
      2. Mulai Hari ini, belajarlah setiap hari untuk menyenangkan hati orang lain
      3. Jika kamu merasa pahit dalam hidupmu dengan satu tujuan, itulah bahagia
      4. Lari dan berlarilah yang cepat untuk mengejar hari esok
      5. Setiap hari kamu harus merasa puas dengan apa yang kamu miliki saat ini
      6. Setiap kali ada orang memberimu satu kebaikan, kamu harus mengembalikannya
      sepuluh kali lipat
      7. Nilailah kebaikan orang lain terhadapmu, tetapi….
      hapuskanlah semua jasa yang pernah kamu berikan kepada orang lain
      8. Dalam keadaan benar kamu difitnah, dipersalahkan, dan dihukum, maka kamu akan berpahala
      9. Dalam keadaan salah kamu dipuji dan dibenarkan, itu merupakan hukuman
      10. Orang yang benar kita bela, tetapi yang salah kita nasehati
      11. Jika perbuatan kamu benar, kamu difitnah dan dipersalahkan, tetapi ..
      Kamu dapat menerimanya, maka akan datang kebaikan berlimpah
      12. Jangan selalu melihat/ mengecam kesalahan orang lain, tetapi selalu melihat kesalahan sendiri,
      itulah KEBENARAN
      13. Orang yang baik diajak bergaul, orang yang jahat dikasihani
      14. Dua orang saling mengakui kesalahan masing-masing, maka…
      dua orang itu akan bersahabat sepanjang masa @
      15. Saling menyalahkan akan mengakibatkan putus hubungan
      16. Jika kamu rela dan tulus menolong orang dalam kesulitan, maka jangan sampai diketahui bahwa kamu sebagai penolongnya
      17. Jangan membicarakan sedikitpun kejelekan orang di belakang, sebabkamu akan dinilai jelek oleh si pendengar
      18. Kalau kamu mengetahui orang itu berbuat salah, maka.. tegurlah dengan kata-kata yang lemah lembut hingga orang itu menjadi insaf

    6. baik untuk diamalkan.

      gud post jezzzz…

    7. nih caranya humble, yang diajarain Rasul
      – Menengok orang sakit, meyaksikan orang yang akan meninggal dunia, menolong kesusahan, mengantarkan janazah dan ziarah kubur.

      – Tidak berteman dengan orang-orang yang takabur dan sebaliknya bersahabat dengan orang-orang yang tawadhu’ dan ahli ibadah.

      – Menghadiri majlis-majlis taklim yang diasuh oleh ulama-ulama yang bisa dipercaya dan sadar akan tugas, kewajiban dan akan dirinya. Lebih-lebih majlis yang di dalamnya sering diisi dengan peringatan-peringatan dan penyucian jiwa.

      – Rajin melakukan ketaatan, karena dengan melakukan ketaatan semata-mata mencari ridha Allah ini akan dapat membersihkan jiwa dari kotoran-kotoran dan kehinaan-kehinaan, bahkan akan meningkat ke derajat yang lebih tinggi.

      – Melakukan introspeksi untuk mengetahui penyakit-penyakit hatinya sampai dapat mengobatinya hingga kelak akan memperoleh kebahagiaan dan keberuntungan.

      selengkapnya ada di http://akhifaizul.blogspot.com/2004/03/menghidupkan-semangat-rendah-hati.html

    8. bagus sekali artikel nya jest. terimakasih

    9. Posted by sapikecil on March 6, 2009 at 3:34 pm

      gw juga suka ma yg dewi kuan im…
      gw suka semua…semua yg bisa memberikan pikiran positif thd isi otak kita….
      oh, indahnya hidup ini…

    10. Posted by hepi on March 10, 2009 at 4:17 pm

      -> Bersikap mengalah dalam perbedaan pendapat, walaupun anda yang ‘benar’

      waduh..kalo masalah ‘benar’ ini relatif kalo yg berpendapat masi manusia, ya mesti open mind. soalnya kadang tiap org punya point of view yang beda. kalopun pake pakem yg normatif.
      norma nya aja juga masi beda2😛. jadi kalo yang ini beneran diterapin, malah bisa jadi bahaya, karena kita jd bisa punya anggepan ” g papa dah gw ngalah aja, yang penting gw benar”. jd g humble juga d..

      trus juga bukan masalah mengalah atau g mengalah kali ya, tapi open mind aja.

    11. Posted by widiajessti on March 13, 2009 at 5:24 pm

      @ B wimbo .. thanks masukannya bro..

      @ Tomy .. sip Tom, lebih ngena.. karena sombong itu di Islam terbagi lagi jadi 3, takabbur, ujub, ghurur.. berarti harus lebih ati2 yah..

      @ Mba Thea .. Thanks sist!🙂

      @ Icka .. Jangan pernah lelah untuk mengajariku ya..

      @ Hepi .. bisa open mind, bisa juga tidak berniat untuk memperdebatkan sesuatu, tapi merasa kita benar itu deket ke ujub ya (termasuk tidak meremehkan orang lain).. bener2 mesti ati2 banged yah..

      To all .. pastinya saya pun masih jauh darikata humble.. makanya saya pun ingin belajar.. dari siapapun.. ^_^

    12. Posted by laila on March 20, 2009 at 9:35 pm

      uuuuuugh….
      humble itu gampang diucapkan tp susssaaaaaah bgt nerapinnya…
      kalo pas lagi semangat,bisa bgt jd humble…
      tp kalo setannya lg muncul… huaahahahaha… lgsg bisa berubah…

      tulisan pertama yang kubaca dr blog mu,jess…
      coz lg ngerasa pengeeeennnn bgt belajar humble….

      thx anyway,sist…

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: