Memasuki Trimester Kedua Kehamilan

Let’s start with alhamdulillah.. 🙂

Dalam trimester kedua kehamilan, akan dirasakan lebih banyak perubahan dan perkembangan baik pada diri si ibu hamil, maupun bayinya. Dan selama mengamati tumbuh kembang ‘dedek’ dalam perutku hingga minggu ke 15 ini, seperti kata Dr. Nana Agustina SpOG, it’s so amazing.. bahkan semakin hari, semakin “waw”!! subhanallah..

Oya, masalah dokter kandungan, biasanya kita ‘cocok2an’.. belum tentu dengan dokter yang terkenal trus ramai pasiennya (kadang antrinya juga bikin boring :p ), kita bisa nyaman untuk berkonsultasi. Misalnya, ada temen saya yang lebih memilih dokternya karena dokter tersebut lebih memberi memotivasi dan menenangkan. Memang kebanyakan dokter akan lebih komunikatif jika kita juga banyak bertanya, jadi kadang tergantung kitanya sendiri. Makanya, bagus juga untuk mencari informasi sebanyak mungkin, sehingga konsultasi dengan dokter menjadi lebih efektif. Kalau saya dan suami sudah cocok dengan Dr Nana karena saya memang lebih prefer untuk konsultasi dengan dokter wanita, jadi ga berasa risih kalo harus di USG atau menjalani treatment lain. Selain itu, dokternya juga komunikatif, ramah, ga perlu pakai antri, dan lebih flesibel karena dia juga praktek di hari Sabtu, jadi promosi ya hehehhe.. :p

Di trimester kedua ini, aku masih mual dan muntah, sering kehilangan selera makan kalo malam hari.. padahal biasanya mual dan muntah itu akan berakhir ketika kehamilan telah memasuki semester kedua, tapi mungkin kembali ke prinsip everybody is unique, begitu juga kehamilan :)  Tidak perlu merasa terbebani dengan semua yang terjadi selama masa kehamilan, kadang jika mual, saya merasa lebih baik dengan justru memuntahkannya, tidak perlu ditahan, hehehe..

Seorang ibu hamil tetap harus menjaga nutrisi yang masuk ke tubuhnya, minum susu, makan makanan yang bergizi, sayur dan buah it’s a must! Meskipun sampai saat ini, saya masih belum minat untuk minum susu, dan menurut dokter saya tidak ada masalah jika saya menunggu hingga rasa eneg ini betul2 hilang.. Bahkan ada juga teman saya yang selama hamil tidak pernah minum susu, tapi dia tetap mengkonsumsi vitamin dan suplemen yang dianjurkan oleh dokter. Suplemen pada trimester pertama saya adalah Gravimin + DHA, sedangkan selama bulan ke 4 ini dokter memberi saya Obipluz dan Cavit – Da yang harus dikonsumsi setiap hari.

Pada trimester kedua ini, perut ibu hamil sudah mulai membesar seiring dengan berat badan yang mulai bertambah, karena harus mempersiapkan ruang untuk si dedek bayi. Kepada para suami harap bersabar jika sang istri sering merasa kurang cantik dengan perubahan ini, hehehe.. tapi hal ini menjadi sangat lumrah, meskipun kehamilan itu sendiri menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan dan dinanti-nanti.

Terakhir saya ke dokter adalah pada minggu ke 13, ketika di USG saya bisa dengan jelas melihat si dedek udah bergerak-gerak merespon ultrasound, lucunyah.. detak jantungnya sudah lebih jelas terlihat, tapi belum bisa saya rasakan ketika meraba perut meskipun saya sudah bisa menemukan dimana letak fetus karena cukup menonjol. Mulutnya masih belum terbentuk, hanya tulang rahangnya sudah kelihatan, begitu juga dengan telingannya. Tangan dan kakinya sudah ada, tapi masih sangat kecil, bahkan tulang ekornya belum sempurna hilang.

Kadang timbul ke khawatiran, apakah bayi saya akan tumbuh dengan normal dan sehat? Dan hal ini sering membuat mood saya berubah dari waktu ke waktu, tapi perubahan mood tidak hanya terjadi karena hal tersebut. Seorang ibu hamil kadang menjadi lebih peka terhadap sesuatu, lebih mudah diserang rasa khawatir/takut, tapi juga kadang menjadi lebih bersemangat. Pengertian, dukungan dan kesabaran seorang suami sangat membantu dalam menghadapi masa-masa ini.

Untuk selanjutnya saya pengen update perkembangan dari minggu ke minggu, karena tumbuh kembang dedek bayi selama trimester kedua ini sangat mengagumkan🙂

7 responses to this post.

  1. waaaaaaaaaaa…
    jadi semakin pengen ketemu dan pegang Dede’ bayinyaaaaaa
    (>.<)v

  2. selamat trimester kedua ya jess.. Semoga dede’ dan mama nya sehat semua!!!

  3. Posted by adhi on June 26, 2009 at 9:48 pm

    Yang, ini kata baby center:

    How your baby’s growing:
    Your growing baby now measures about 4 inches long, crown to rump, and weighs in at about 2 1/2 ounces (about the size of an apple). She’s busy moving amniotic fluid through her nose and upper respiratory tract, which helps the primitive air sacs in her lungs begin to develop. Her legs are growing longer than her arms now, and she can move all of her joints and limbs. Although her eyelids are still fused shut, she can sense light. If you shine a flashlight at your tummy, for instance, she’s likely to move away from the beam. There’s not much for your baby to taste at this point, but she is forming taste buds. Finally, if you have an ultrasound this week, you may be able to find out whether your baby’s a boy or a girl! (Don’t be too disappointed if it remains a mystery, though. Nailing down your baby’s sex depends on the clarity of the picture and on your baby’s position. He or she may be modestly curled up or turned in such a way as to “hide the goods.”)

    Tetep jaga kesehatan dan maeman ya. Miss you and dedek,

    Love,
    Hubby

  4. Can’t wait to see u, mba jezz…🙂

  5. dah coba periksa di RSIA Tambak jezz?
    dr. ony khonsa..
    very2 recomended obgyn…

  6. Posted by widiajessti on July 31, 2009 at 5:20 pm

    Hoo.. itu dokternya Lulu dulu ta..
    Tapi aku alhamdulillah udah cocok sama Dr. Nana Agustina SpOG di RS Bunda Menteng.
    Waktu itu sempet liat-liat ke RS Tambak juga sama suami, cm Bunda lebih deket sih..

  7. It’s actually a cool and helpful piece of info. I am happy that you shared this useful information with us. Please stay us up to date like this. Thanks for sharing.

Leave a Reply

