Penurunan Kekebalan Tubuh Dalam Kehamilan

Jadi ceritanya, sudah seminggu ini saya mengalami batuk pilek, srat srot srat srooot…😦

Selama 6 hari saya diamkan, hanya mengurangi konsumsi es dan gorengan, bukannya menganggap sepele, tapi saya berharap tubuh saya mampu memulihkan kondisi ini dengan sendirinya, seperti biasa. Selain itu juga, kemungkinan kalau pergi ke dokter akan dapat anjuran standar seperti istirahat, perbanyak minum air putih, dll. Kan ibu hamil kalau bisa seminimum mungkin mengkonsumsi obat-obatan, dan ga boleh sembarangan.

Tapi pada hari ke-7, saya browsing tentang flu selama kehamilan. Ternyata banyak yang bilang kalau flu selama kehamilan sangat berbahaya, karena dapat mengganggu perkembangan otak janin.

Diennnnkkkkk…..!!!!  *syok di tempat saya*

Akhirnya setelah ngobrol sama si papa, saya memutuskan langsung pergi ke dokter siang itu juga, kebetulan dokter kandungan rutin saya sedang ke luar negeri, jadilah saya temui dokter yang praktek dan menjalani USG pada saat itu juga.

Selama USG, si dokter mengamati kondisi otak si Dedek dan kondisi detak jantungnya, alhamdulillah ternyata semuanya normal..fiuuhhh… Tapi saya dikasih obat juga untuk pileknya, Nestalgen.

Dalam buku tentang pregnancy juga disebutkan bahwa Dalam kehamilan, sistem kekebalan tubuh si Ibu bisa terganggu, sehingga sangat rentan terserang batuk dan pilek. Meskipun kondisi ini sangat melelahkan dan mengganggu, terutama pada saat batuk, karena perutnya jadi sakit banged, tapi kondisi ini tidak membahayakan bayi.

One response to this post.

  1. gak sengaja jalan2 ke blog ini..
    pa kabar jess? hehe…
    cuma mau sedikit ralat, obat flu-nya nalgestan kali ya, bukan nestalgen??

Leave a Reply

