Breast Feeding for Raza

ASI adalah hak setiap bayi.

Tentunya menjadi keinginan setiap ibu untuk memberikan yang terbaik bagi putra putrinya, begitu juga dengan saya. Dan tidak dapat dipatahkan bahwa ASI adalah asupan terbaik bagi buah hati dalam masa awal pertumbuhannya, meskipun susu formula saat ini katanya sudah mengandung nilai gizi yang lengkap bahkan dengan formula2 tertentu yang katanya juga dapat mencerdaskan si kecil, ASI tetap terbaik. Pemberian dari Yang Maha Kuasa, jadi pasti ga ada yang bisa menandingi, kan?

Alhamdulillah saya diberi kemudahan, produksi ASI saya lancar, meskipun mungkin ga melimpah ruah seperti beberapa orang teman, yang bahkan sampe didonorin ke baby yang lain dan sampe dibuang-buang karena saking berlebihnya jadi yang disimpen di frezer pada expired.. Saya sih cuma berharap semoga lancar dan cukup hingga Raza lulus ASI ekslusif selama 6 bulan dan tetap menyusui hingga usianya 2 tahun, amin. Doakan yaa ..πŸ™‚

Dari sejak hamil, saya sadar akan pentingnya menyusui dan pemberian ASI untuk bayi saya. Jadi, sejak saat mencari dan menentukan rumah sakit untuk melahirkan, saya sudah memilih RS yang pro ASI dan dokter yang juga pro ASI. Sekedar tips aja ya, memilih RS dan dokter yang pro ASI dapat membantu calon ibu untuk memastikan bayinya yang baru lahir tidak diberi susu formula oleh pihak RS. Kenapa gitu? karena melahirkan adalah proses yang disamping sakit, juga melelahkan. Otomatis baik si ibu maupun ayah, kecil kemungkinan dapat memantau apa saja treatment dari pihak RS kepada bayi yang baru lahir. ASI eksklusif = ASI aja, tanpa tambahan apapun. Termasuk pisang yang dikerok, kebiasaan ibu-ibu kita jaman dulu..πŸ˜€

Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi menyusui dini (IMD) adalah sebuah proses untuk merangsang produksi ASI bagi ibu dan proses natural bagi bayi untuk belajar menyusu pada ibu. IMD dilakukan pada saat bayi baru saja lahir, setelah dibersihkan cairan di hidung, mulut, dan telinganya, tanpa dimandikan terlebih dahulu, bayi langsung ditempelkan di dada ibu. Biasanya bayi secara naluriah akan mulai mencari puting susu ibu, tidak secara instan karena proses ini bisa memakan waktu hingga 2 jam. Pada tahap kehamilan akhir, biasanya PD ibu sudah mulai memproduksi ASI, jadi bau ASI itu akan tercium oleh bayi. Dari pengalaman saya, sementara dokter kandungan membereskan proses kelahiran, proses IMD langsung berjalan, dan alhamdulillah saya dan Raza melewatinya dengan sukses..πŸ™‚

Leave a Reply

